Home » » Jaringan Client-Server (Pengertian & Tutorial Kerja)

Jaringan Client-Server (Pengertian & Tutorial Kerja)

Posted by Droid Flashpedia on Sunday, July 21, 2019

Jaringan Client-Server (Pengertian & Cara Kerja)

Jaringan Client-Server mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu yg menekuni bidang IT Networking. Jaringan ini memang menjadi salah satu pola jaringan yg sangat terkenal.

Pengimplementasian atau penerapan jaringan Client-Server mampu kamu lihat pada kehidupan sehari-hari, satu dari contoh sederhananya yg mudah kita jumpai merupakan WARNET.

Warnet atau warung internet merupakan satu dari contoh dari penerapan jaringan Client-Server, dimana didalam pada jaringan tadi ada yg namanya Server serta Client.

Server merupakan komputer dari operator Warnet, serta Client adalah komputer yang terhubung ke Server dan menggunakan layanannya.

Mungkin kamu masih gundah dengan penerangan diatas, maka dari itu untuk memudahkan anda pada memahami apa itu jaringan Client-Server, maka perlu kita jabarkan satu per-satu dari mulai pengertian Client sampai Server.

Untuk detailnya, kamu mampu menyimak ulasan tentang pengertian Client serta Server berikut ini:

Pengertian Client

Client adalah suatu perangkat PC dalam jaringan yang bisa memakai/memakai asal daya yg diberikan oleh Server. Maknanya, Client adalah pengguna layanan pada jaringan.

Client sendiri mempunyai keterkaitan yg cukup erat bersama Server, karena apabila Client tak terdapat, maka apa kegunaan Server jika sumber daya yg sudah disediakan tidak dijalankan oleh Client.

Contoh:

Dalam aktivitas jual beli makanan, pastinya terdapat yang namanya penjual serta pembeli. Nah Jika kita ingin mengibaratkan si Client ini dalam kehidupan sehari-hari, maka Client sanggup kita ibaratkan sebagai pembeli makanan tersebut.

Untuk sistem kerja dari Client sanggup kamu lihat dibawah ini:
  1. Server menyediakan layanan
  2. Client masuk kedalam jaringan yg sama dengan si Server
  3. Client melakukan hubungan bersama Server serta meminta layanan
  4. Server menampilkan layanan yg tersedia
  5. Client menentukan layanan yg sesuai
  6. Server menanggapi dan menyediakan layanan yg diminta


2. Server

Server adalah suatu perangkat komputer dalam jaringan yang bertugas menaruh layanan kepada Client.

Jadi fungsi utama Server merupakan menyediakan asal daya dan layanan buat dijalankan oleh Client.

Keterkaitan Server serta Client pula begitu penting, mengingat Server merupakan perangkat yg menyediakan layanan.

Tanpa adanya Server maka Client tidak mampu memakai layanan/memanfaatkan asal daya.

Jika kita memperhatikan komponen penyusun proses jual beli, maka si Server ini mampu kita ibaratkan sebagai sang penjualnya, sedangkan si Client adalah pembelinya.

Sistem kerja Server sanggup anda lihat dibawah ini;
  1. Server menciptakan dan menyediakan aneka macam layanan
  2. Server membuat jaringan agar si Client sanggup memakai layanannya.
  3. Ketika Client meminta layanan, maka si Server akan mencocokkan permintaan Client bersama daftar sumber daya yang dimiliki. Apakah layanan yang diminta masih tersedia atau tidak.
  4. Jika layanan yang diminta tersedia, maka Server akan menaruh layanan tersebut kepada si Client.


Kesimpulan

Dari pengertian Client serta Server, maka kita bisa menyimpulkan bahwa jaringan Client-Server adalah suatu bentuk jaringan dimana di dalam jaringan itu sendiri masih ada 2 perangkat yg memiliki kedudukan yg tidak sama.

Perangkat yg pertama mempunyai kedudukan sebagai Server (penyedia layanan), sedangkan perangkat lainnya berkedudukan sebagai Client (pengguna layanan).

Penutup

Demikian klasifikasi mengenai jaringan Client Server dari mulai pengertian Client, Server dan cara kerja dari masing-masing device.

Apabila kamu mempunyai pertanyaan seputar jaringan Client Server, anda mampu menyampaikannya di kolom komentar yg tersedia.

Saya juga menerima kritik dan saran dari anda buat artikel ini, jadi anda mampu menambahkan materi seputar Client Server.


Saya sangat berterimakasih bila kamu mau berkontribusi buat melengkapi artikel ini. Akhir kata admin ucapkan terimakasih dan hingga jumpa di postingan selanjutnya.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

.comment-content a {display: none;}